MUGI Teknologi ‒ Kumpulan Informasi Tepat Guna

Edukasi, Teknologi, Otomotif - Menyediakan konten budaya Indonesia terbaik serta berita teknologi dan otomotif terbaru. MUGI.or.id

Ini Arti dan Makna dari Logo Kota Malang

Konten [Tampil]
Setiap kota maupun kabupaten di seluruh wilayah Indonesia pasti memiliki logo daerahnya masing-masing. Logo tersebut biasanya memiliki makna dan ciri khas tersendiri yang berhubungan dengan daerah tersebut, begitu dengan Kota Malang. Logo Kota Malang biasanya terpasang pada seragam para PNS, pegawai instansi lainnya, hingga para siswa yang bersekolah di sekolah negeri.
Logo resmi kota Malang dan Maknanya
Logo resmi kota Malang dan Maknanya

Logo dari Kota Malang ini juga dapat dikatakan sebagai identitas yang melambangkan karakter dari Kota Malang Sendiri. Logo Kota Malang sendiri telah disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah – Gotong Royong (DPRD-GR) pada Perda No.4 Tahun 1970.

Arti dan Makna Logo Kota Malang

Logo Malang sendiri sudah berganti sebanyak empat kali, dan logo yang keempat hingga saat ini masih digunakan. Logo pertama dibuat pada tahun 1914 dan hingga perubahan keempat yang disahkan pada tahun 1970. Logo Malang sendiri memiliki 3 bagian yaitu warna, semboyan, dan bentuk yang terdapat  arti dan juga makna didalamnya.
  • Arti Warna
  • Merah Putih
Warna merah putih yang mengelilingi bentuk logo dari Kota Malang memiliki arti bendera nasional Indonesia. Merah dapat diartikan sebagai keberanian, sedangkan untuk warna putih dapat diartikan sebagai kesucian.
  • Kuning
Warna kuning yang terdapat pada bentuk bintang memiliki makna keluruhan dan kebesaran.
  • Hijau
Warna hijau yang menjadi latar belakang dari Kota Malang dapat diartikan sebagai kesuburan. Hal ini karena sebagian besar wilayah Kota Malang adalah dataran tinggi yang memiliki panorama pegunungan yang sangat hijau dan terlihat subur.
  • Biru
Warna biru yang terdapat pada bentuk tugu di Logo Kota Malang memiliki makna kesetiaan pada Tuhan, Negara, dan Bangsa.
  • Arti Semboyan
Di dalam logo Kota Malang juga disematkan motto atau semboyan yang bertuliskan “MALANG KUCECWARA”. Semboyan tersebut digagas oleh almarhum Prof. DR. R. Ng. Poernatjaraka yang memiliki arti Tuhan menghancurkan yang bathil dan menegakan yang benar. Semboyan ini digunakan sejak 50 tahun berdirinya kotapraja Malang pada 1 April 1964.

Lihat juga: Paket Wisata Malang

Kata “MALANG KUCECWARA” sendiri digunakan karena asal mula Kota Malang memiliki keterkaitan dengan jaman Ken Arok.
  • Arti Bentuk
  • Perisai Berbentuk Segi Lima
Bentuk segi lima yang menyerupai sebuah perisai memiliki makna bahwa semangat membangun untuk mencapai Malang yang adil dan makmur dengan didasari Pancasila.
  • Bintang
Bentuk bintang besar berwarna kuning yang ada di logo Kota Malang memiliki arti sila pertama Pancasila atau Ketuhanan Yang Maha Esa.
  • Tugu Kemerdekaan
Tugu kemerdekaan berwarna biru dengan anak tangga yang berjumlah sepuluh memiliki makna semangat kebesaran Pancasila, persatuan, dan kesatuan yang kuat. Selain itu simbol tugu juga dapat diartikan Kota Malang sebagai Kota Pendidikan, Kota Industri, dan juga Kota Pariwisata.
  • Bambu Runcing
Bambu runcing yang terdapat pada puncak tugu kemerdekaan memiliki arti semangat perjuangan kepahlawanan. Karena pada masa perjuangan rata-rata rakyat Indonesia menggunakan bambu runcing untuk melawan penjajah.

Logo Kota Malang sendiri sejatinya menunjukan sebuah karakter dan ciri khas yang terdapat di dalamnya. Makna-makna yang terdapat di dalam logo tersebut pun menunjukan bahwa Kota Malang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.
Author Profile

About Karinov Webmaster

Tertarik dalam dunia search marketing. Membagikan hal-hal yang bermanfaat terkait bisnis, otomotif, pariwisata, dan tips menarik lainnya.