5 Ciri Khas Modifikasi Motor Gaya Tracker

Daftar isi [Tampil]

Modifikasi bukanlah hal baru di kalangan riders. Tidak jarang, pemilik motor harus mengeluarkan dana yang cukup fantastis untuk mendapatkan tampilan motor sesuai keinginan. Ada berbagai gaya modifikasi yang sering digunakan oleh para riders, salah satunya adalah modifikasi tracker.

Seperti halnya gaya modifikasi lain, model tracker mempunyai ciri khas serta fungsi yang berbeda. Bagi Anda yang baru berkenalan dengan dunia modifikasi motor dan ingin mengetahui lebih jauh tentang gaya modifikasi tracker, simak penjelasan lengkap di bawah ini.

Apa Itu Modifikasi Tracker?

Tracker merupakan salah satu aliran modifikasi yang banyak diminati oleh para konsumen. Pasalnya, model satu ini mempunyai tingkat kenyamanan yang baik serta hasil akhir yang menarik. Tidak heran jika Presiden Joko Widodo juga memilih model tracker untuk modifikasi motornya.

Ada beberapa tipe model tracker, namun yang paling populer adalah street tracker dan flat tracker. Gaya street tracker cenderung sama dengan model bawaan pabrik sehingga lebih nyaman untuk berkendara sehari-hari.

Sementara itu, gaya flat tracker mempunyai tampilan yang lebih sporty dan dianggap mampu menaklukkan segala medan. Secara keseluruhan, gaya modifikasi ini hampir serupa dengan model sepeda motor balap pada era 60-an.

gaya modifikasi gaya tracker
gaya modifikasi gaya tracker

Modifikasi tracker, terutama flat tracker, muncul sejak tahun 1900-an. Pada masa tersebut, balapan flat track tengah populer di Amerika. Balapan tersebut menggunakan lintasan lumpur atau tanah sehingga memunculkan inspirasi modifikasi gaya flat tracker.

Sejak saat itu, banyak street bike yang mulai dimodifikasi agar dapat melaju kencang di lintasan berlumpur yang berbentuk oval. Hingga saat ini, aliran tracker masih sangat diminati oleh rider dari berbagai kalangan.

Ciri Khas Modifikasi Flat Tracker

Aliran tracker mempunyai sejumlah ciri khas yang membedakan dengan model lainnya. Berikut ini beberapa ciri yang perlu Anda ketahui.

Lihat pula: Apa Itu Modifikasi Cafe Racer

1. Ban

Ciri khas yang paling menonjol dari aliran flat tracker terletak pada ban. Model ini menggunakan ban dengan jenis dua purpose sehingga mampu melibas segala medan, seperti pantai berpasir, jalan bergelombang, atau tanah.

Meskipun demikian, motor yang dimodifikasi dengan gaya tracker juga bisa melaju dengan baik di jalan raya. Bahkan, aliran ini mempunyai tingkat kenyamanan yang terbilang baik.

2. Tameng

Selanjutnya, gaya flat tracker juga terlihat dari bagian depan. Motor tracker mempunyai tameng yang rata tanpa menggunakan lampu. Menurut sejarah, tameng rata tersebut mulanya digunakan untuk meletakkan nomor balapan.

Namun seiring perkembangan jaman, motor tracker mengalami modifikasi. Beberapa motor tracker modern dibuat sedemikian rupa sehingga tetap mempunyai headlamp pada bagian depan. Dengan demikian, motor tetap dapat digunakan pada malam hari.

detil modifikasi motor gaya tracker

3. Ekor

Pada bagian ekor, modifikasi flat tracker nampak serupa dengan cafe racer namun sedikit lebih runcing. Model ekor seperti ini sering disebut sebagai duck tail dan biasanya dikombinasikan dengan single seater.

4. Tangki

Untuk urusan tangki, mayoritas motor dengan modifikasi tracker mempunyai tangki yang berukuran lebih kecil. Pada bagian ini, tidak ada perbedaan mencolok antara motor modifikasi flat tracker dengan motor sport yang banyak ditemui saat ini.

5. Setang

Ciri khas terakhir datang dari bagian setang. Aliran tracker biasanya menggunakan setang yang hampir mirip dengan model Bobber. Setang dibuat tidak terlalu tinggi sehingga memberikan kenyamanan saat dikendarai di jalan raya maupun medan terjal.

Tidak bisa dipungkiri bahwa tracker menjadi salah satu model modifikasi yang banyak diminati oleh para rider. Selain menawarkan kenyamanan berkendara, gaya ini juga terlihat menarik dengan berbagai ciri khas yang dimiliki. Anda tertarik untuk memodifikasi motor dengan model yang satu ini?