Pilihan Pembayaran Barang Luar Negeri

Melakukan pembelian barang dari luar negeri dewasa ini semakin sering dilakukan seiring dengan perkembangan tren belanja online. Membeli barang di luar negeri tentu berbeda dengan membeli barang di dalam negeri, terutama dalam hal cara pembayaran. Mengetahui cara pembayarannya tentu akan mempermudah Anda dalam berbelanja. 

Metode Pembayaran untuk Transaksi Pembelian Barang dari LN

Ada beberapa cara pembayaran yang bisa dipilih saat membeli barang dari luar negeri atau yang biasa diistilahkan dengan barang import, yaitu: 

Kartu Kredit 

Pembayaran pertama bisa dilakukan melalui kartu kredit. Cara pembayaran ini hanya bisa dilakukan apabila pemasok sudah memiliki perjanjian berkaitan dengan transaksi perdagangan dengan perusahaan kartu kredit internasional. 

kartu kredit sebagai platform pembayaran universal
kartu kredit sebagai platform pembayaran universal

Walaupun cara bayar ini paling mudah, pembayaran jarak jauh dari luar negeri menggunakan kartu kredit mengharuskan Anda sebagai pemilik sekaligus pemegang kartu kredit untuk memberikan rincian kartu kredit Anda melalui email atau faks. Hal ini bisa berisiko sebab rincian kartu kredit Anda bisa dicetak yang juga meningkatkan resiko penipuan.

Melalui Transfer Bank 

Pembayaran pembelian barang dari luar negeri juga bisa dilakukan melalui transfer bank. Melalui layanan bernama Teleks, yaitu layanan transfer dana ke luar negeri. Sama seperti transaksi transfer pada umumnya, Anda hanya perlu melakukan transfer ke rekening pemasok, baru kemudian barang akan dikirim. 

Letter of Credit (L/C) 

Cara selanjutnya bisa dengan metode Letter of Credit (L/C). Metode ini merupakan salah satu metode yang sering digunakan untuk pembayaran pembelian luar negeri. Metode pembayaran ini pada dasarnya merupakan janji yang dibuat oleh pembeli kepada pemasok, yang isinya pembeli akan melakukan pembayaran sesuai waktu tertentu yang sudah disepakati. 

pembayaran sesuai perjanjian (LC)
pembayaran sesuai perjanjian (LC)

Perjanjian ini pun tidak hanya berlaku antara pihak pembeli dan pemasok saja, namun juga sudah didukung atau dijamin oleh Bank. Metode ini adalah cara pembayaran yang menjamin tingkat keamanan tertinggi diantara cara pembayaran lain. Namun kekurangannya adalah lebih mahal serta adanya resiko penundaan pengiriman. 

Open Account (Pembayaran Kemudian) 

Berikutnya ada cara pembayaran dengan open account, yaitu metode pembayaran dengan sistem pembeli tidak akan melakukan pembayaran apapun sebelum barang diterima atau dilafalkan atau dalam waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan. Nah, dalam metode ini, pemasok yang sudah melakukan pengiriman atau pengapalan barang kemudian akan mengirimkan invoice kepada pembeli. 

Invoice ini di dalamnya akan mencantumkan tanggal dan waktu tertentu saat pembeli harus sudah melakukan pembayaran. Metode ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang menjalankan transaksi dengan perusahaan yang ada di luar negeri. Biasanya kedua perusahaan sudah menjalin kerjasama dalam waktu lama sehingga sudah ada sikap saling percaya diantara keduanya. Meski begitu, ada pula pemasok yang sudah menetapkan uang muka (DP) dalam jumlah tertentu di depan sebelum barang dikirimkan. 

Nah, itu tadi adalah informasi tentang apa saja cara pembayaran yang bisa Anda pilih jika melakukan pembelian barang dari luar negeri. Dengan mengetahui berbagai cara pembayaran ini akan memudahkan Anda dalam melakukan transaksi lintas negara dengan aman dan nyaman.